ACCURATE Accounting Software

One Stop Solution Penjualan ACCURATE dan ReNe, training, support, serta konsultasi

  • Bookmark and Share AddThis Feed Button
  • Ingin tahu lebih banyak tentang ACCURATE? Hubungi Kami
  • Garansi 30 hari

  • Blog Stats

    • 145,615 hits
  • ReNe POS

    untuk retail, cocok bagi usaha yang tingkat penjualan hariannya tinggi seperti minimarket. Selengkapnya
  • Small Business Edition

    diperuntukkan bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dengan fitur lengkap, mudah dipakai, dan tentunya tidak rumit.
  • Standard Edition

    perusahaan kecil – menengah dibidang perdagangan dan jasa. Selengkapnya
  • Deluxe Edition

    perusahaan kecil – menengah di bidang perdagangan dan jasa dengan profit & cost center seperti kontraktor. Selengkapnya
  • Enterprise Edition

    versi lengkap ACCURATE untuk perusahaan yang bergerak dibidang pabrikasi. Selengkapnya
  • Peta lokasi ABC Plaza Semanggi

    (021) 25539834 / 56
    Senin - Jumat: 9am - 8pm
    Sabtu - Minggu: 10am - 6pm
  • ABC Plaza Semanggi

  • Pemesanan Produk Online KLIK DISINI
  • Follow me on Twitter

Perusahaan Konsinyasi

Posted by theabcsemanggi on July 1, 2008


A. Pencatatan jika kita bertindak sebagai Konsinyor/Consignor (pihak yang menitipkan barang) :

Langkah – langkah yang harus dilakukan:
Buat Gudang baru dengan nama konsinyasi.
Caranya: List | Inventory | Warehouse | New, isi dengan nama Konsinyasi, di bagian description diisi dengan nama “Gudang Konsinyasi”.
Buat Customer (Pelanggan) dengan nama “Consignee”.
Caranya : List | Customer | New.

Contoh Kasus :

Perusahaan kita sebagai consignor menitipkan barang dagangan (mis. Komputer) kepada PT. Mitra (sebagai consignee). Barang tersebut berasal dari Gudang Centre.

Langkah-langkahnya:
Mencatat transfer barang dari Gudang Centre ke Gudang Konsinyasi. Caranya : Menu utama Activities | Inventory | Item transfer.
Membuat Sales Order
Setelah barang tersebut terjual, buatlah Sales Invoice dengan customer Consignee, kemudian pilih Warehouse (Gudang) Konsinyasi, isi Salesman dengan Consignee (jika belum ada, dapat dibuat langsung dengan klik New Salesman).

B. Pencatatan jika kita bertindak sebagai Konsinyi/Consignee (pihak yang menerima titipan barang).

Langkah-langkahnya :
Buat akun baru dengan type COGS (dari menu List | Chart of account | New) dengan nama “Harga Pokok Penjualan Konsinyasi”.
Buat item baru (dari menu List | Item | New) dengan nama sesuai dengan nama item yang dititip.
Buat Gudang Baru dengan nama “Konsinyasi”.
Buat Vendor Baru dengan nama “Consignor” dari List | Vendor | New.
Saat menerima barang dari Consignor, buatlah Purchase Invoice dengan memilih vendor Consignor, dan pilih barang beserta kuantitasnya, unit price isikan dengan angka nol, karena barang titipan tersebut belum terjual sehingga belum timbul hutang (hutang belum diakui)
Pada saat melakukan penjualan buatlah invoice seperti biasanya
Saat melakukan laporan ke Consignor dan menerima tagihan atas penjualan yang telah dilakukan buatlah Purchase Invoice dengan pilihan Expense : “Harga Pokok Penjualan Konsinyasi”.

One Response to “Perusahaan Konsinyasi”

  1. […] Perusahaan Konsinyasi […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s